19 Apr 2012

Reaktif itu kelakuan anak kecil

18 Apr 2012

Selalu ada hikmah dalam setiap ketelanjuran. Aku takmenyesal. ^^9

17 Apr 2012

Lagi lipet2 baju selemari. Bajuku yang itu, apa kabarmu? (__') #abaikan

Emansipasi Finansial: Jeruk Makan Jeruk

Emansipasi atau kesetaraan adalah hal paling lekat di benak kita saat berbicara soal Kartini. Kebaya, sanggul, dan sandal selop pada peringatan hari Kartini nampaknya hanya menyisakan jejaknya di sekolah dasar dan menengah. Era kebebasan berpikir saat ini menyisakan buah pikiran Kartini terhenti pada makna permukaan. “Pokoknya perempuan dan lakilaki harus setara!” Begitulah statement sederhana yang keluar dari para pengikut Kartini muda yang sedang semangat-semangatnya mengobarkan api emansipasi. 

Statement tersebut ada benarnya, dalam kamus bahasa Indonesia, emansipasi perempuan adalah proses pelepasan diri para wanita dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah atau dari pengekangan hukum yang membatasi kemungkinan untuk berkembang dan untuk maju. Walaupun pada waktu itu, keberhakan perempuan atas pendidikan yang menjadi konsentrasi Kartini. Saat ini, aksesibilitas perempuan terhadap pendidikan sudah mulai terbuka.Jumlah perempuan yang mengenyam pendidikan tinggi pun sudah meningkat dari waktu ke waktu. Perempuan- perempuan yang bekerja di kantoran pun sudah tak terhitung jumlahnya. Lantas, apakah misi Kartini telah genap diselesaikan oleh kartini-kartini masa kini?

Kesetaraan. Ya! Kesetaraan yang saat ini masih diperjuangkan oleh perempuanperempuan berpendidikan yang mulai beranjak menjadi ibu muda. Mereka ingin setara dengan suami dalam hal finansial. Fenomena online marketer dan online shoper menjadi salah satu cara perempuan untuk meningkatkan kondisi finansial mereka. Ibu-ibu muda yang cerdas kini memilih tinggal di rumah sambil menjual barang-barang kebutuhan perempuan melalui media internet. Tidak perlu ruko atau lapak di pasar. Mereka dapat menjajakkan dagangannya di dunia maya. Bahkan tidak jarang para online marketer ini merangkap sebagai model pakaian, sandal, dan kosmetik yang mereka jual. Lagi-lagi mereka menghemat biaya membayar model. Selain memangkas biaya operasional, mereka dapat narsis memperlihatkan diri di muka dunia.

Objek atau market online shop ini pun adalah perempuan. Bedanya, para online shoper biasanya adalah ibu-ibu muda yang sibuk bekerja di kantor seharian. Tuntutan pekerjaan yang padat mengharuskan mereka membeli keperluan rumah dengan jarak jauh, teleshoping istilah kerennya. Mereka hanya perlu melihat gambar, memilih barang, menghubungi online marketer, lalu mengirim sejumlah dana ke rekening yang sudah ditentukan. Beberapa hari kemudian barang yang dipesan sudah tiba di rumah. Kualitas barang yang dibeli sudah tidak lagi menjadi prioritas. Kecepatan mendapatkannya yang menjadi fokus.

Dari fenomena ini, betapa banyak uang yang dikeluarkan oleh perempuan masa kini untuk memenuhi kebutuhan domestiknya. Sebaliknya, betapa banyak keuntungan yang diraup oleh online marketer dari sesamanya. Inilah yang saya sebut jeruk makan jeruk. Lebih ketusnya lagi, perempuan bisa menjadi predator ekonomi bagi sesamanya. Online marketer memanfaatkan keterbatasan online shoper. Materialisme kini menjangkiti perempuan berpendidikan.

Melihat fenomena ini saya pernah berujar, “Online marketer itu, tidak sadarkah ia sedang menyuburkan mental konsumerisme bangsa ini?” Lantas, apa kaitannya dengan Kartini? Pada peringatannya, kebaya, sanggul, sendal selop, dan kostum ala Kartini itu memang hanya terhenti di sekolah dasar dan menengah. Namun, pada substansinya, mayoritas perempuan berpendidikan di masa kini justru hanya berputar pada materi-materi kasat yang ditinggalkan Kartini. Pakaian, gaya rambut, kosmetik, sandal dan benda remeh-temeh lainnya seolah menjadi tujuan utama perjuangan kesetaraan finansial dengan laki-laki. Mereka harus mampu memenuhi keperluan gaya hidup tanpa harus menyulitkan suami. Bukankah itu sama bunyinya dengan, “uang dari suami sudah tidak cukup untuk memenuhi hasrat belanjaku!” Berjualan online menjadi salah satu solusinya. Berjualan demi berbelanja,itulah intinya. Setelah berjualan di dunia maya, mereka bisa membelanjakan hasilnya di dunia nyata, bahkan ke luar negeri. Inilah salah satu PR perempuan saat ini. Online marketer harus mampu berjualan sambil mendidik konsumennya cerdas berbelanja dan online shoper harus bijak saat berbelanja. Dengan demikian budaya konsumerisme dapat ditekan tanpa mengurangi semangat entrepreneur perempuan.


by linda handayani



15 Apr 2012

Dapet hadiah lipstik pink dari Sitina a.k.a @cty_semangat | jazakillah ^-^

AlhamdulilLah.. Dapet kesempatan ke MPI hari ini ^^

karam sudah.

14 Apr 2012

Mungkin bagimu tingkat kemagisan hal itu terlalu tinggi dan rasionalitasnya amat rendah sehingga segala hal yang kamu upayakan untuk meraihnya takpernah serius kau rampungkan. #NtMS

"Ira, jilbabmu bagus. Lin, rokmu bagus" kata pemiliknya. *ngebajak barang orang

Jam segini KAMMI Jabar deklarasi bergabung sama KNPI #JabarSummit

13 Apr 2012

kamu itu fitnah buat dirimu sendiri ya (__") *ngomong sama kaca* #KemudianNunduk

Jabar Summit 2012 KAMMI Jabar di The Cipaku Hotel. Jumat-Ahad ^^

[Kajian Seni Pertunjukan] Sholat adalah tarian yang dilakukan setelah musik (suara adzan) dimainkan. #Stress

Kebahagiaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan, (khotib masjid sebelah).

Semua alarm bisa bunyi tapi gak semua pemiliknya bisa bangun melawan kantuk saat mendengarnya #QL

12 Apr 2012

Tertelungkup menghadapi buku gambar dan pensil warna. Inginnya mereka bergerak sendiri dan berubah menjadi tugas kartu pos >.<

Setelah kemarin dapet jus stroberi dari tmen yg sukses taaruf keluarga, sekarang dapet silver queen lagi^^ #Hayo yg #Proses banyakin sedekah #eaaa

Jadi ternyata si plegma itu selain toleran, mudah menerima, menyenangkan, juga suka mainin orang?! Baiklah.

Orang plegmatis itu gak punya ciri khas yg menonjol. Mungkin itu ciri khas mereka: gak punya ciri khas. *Tulisan sensi 5 tahun lalu. Yg akan aku pertahankan :))

Orang koleris itu lebih mentingin fungsi daripada hiasan.

Ternyata si melankolis itu: senang mengalah, perhatian, menghindari perhatian, sulit memaafkan. *curang

Ngedit naskah berusia 5 tahun yang kacau beliau. Bener bener harus diupdate (__' ) #Bismillah

11 Apr 2012

di jalan cinta para pejuang kau dihadapkan pada sebuah pilihan dan kau memilih dengat takmenyerah pada perasaan

Di kamar ini seharusnya ada tiga orang. Walaupun sendirian, aku gak pernah nginep di kamar lain. *yg lain pada nginep. Baiklah.

Di kamarku lagi pada ngobrolin kriteria calon suami *ujian azzam (_ _")

Obat yang bisa mengendurkan syaraf otak yang mengalami penyempitan apa ya?

Tokoh dalam hidup kita berganti-ganti. Begitu pun kita, akan menjadi tokoh yang terganti dalam hidup orang lain. Jika mampu mengganti, bersiaplah tergantikan.

10 Apr 2012

Logika takdir itu tidak sama dengan logika matematika Nda! Tawakal lalu ridho. Cukup!

Beranjaklah!

Kau sudah genap tahu bahwa cinta adalah kata kerja. Jika cinta yang kau rasakan takmenggerakkan hatimu untuk berbuat yang terbaik untukmu dan untuk orang yang kau cintai, mungkin saatnya kau harus mencari cinta lain. Mungkin yang selama kau terka-terka sebagai cinta adalah syahwat.
Beranjaklah!

9 Apr 2012

Seangkot sama ibu2 yg ngejemput anaknya pulang sekolah. Kayaknya terberkahiii banget hidupnya. Wajahnya bahagiaaa banget ^.^

Bandung berkabut. Dingiiin!

8 Apr 2012

Mungkin ini yang disebut trauma..

Mungkin ini yang disebut trauma..

Hatiku Selembar Daun

hatiku selembar daun
melayang jatuh di rumput
nanti dulu
biarkan aku sejenak terbaring di sini
ada yang masih ingin kupandang
yang selama ini senantiasa luput
sesaat adalah abadi
sebelum kau sapu tamanmu
setiap pagi


[sapardi djoko damono]





*gambar dari sini
** musikalisasinya di sini

7 Apr 2012

Baru nyampe udah beli tiket pulang. Gaaak sukaaa! :'(

Ayah masih berhenti di Surabaya. Pesawatnya ngetem :))

arogan, ketus, egois. hmm.. belum mencerminkan ahlul quran memang. harus terus berjuang ya Nda!

5 Apr 2012

[dari balik jendela]Anak SD berlarian menerjang hujan. Walaupun basah mereka tidak resah karena besok tanggal merah.

Berbahagialah orang yang dapat menjadi tuan untuk dirinya, menjadi pemandu untuk nafsunya, menjadi panglima untuk bahtera hidupnya (Ali ra.)

4 Apr 2012

TABUNGAN QN

Maaf ya sobat, QN-QNku jadi spam di inbox kalian. Karena demikian, kuputuskan jurnal ini menjadi tempatku berQN-QN ria. Sejak laptop takada di tangan, jumlah QNku meningkat tajam sampai angka 550! Omg! Gawat!

QN 1 : Buat yang QNnya aku gangguin dg mempublis jumlah QNku maaf ya.. Sebenernya itu cara buat bikin QN baru di QN orang :))

AlQuran itu pencemburu. Kalau kamu menduakannya, ia akan meninggalkanmu! Camkan Linda!

Setelah ikhtiar,biar Allah yang selesaikan Nda ^^

3 Apr 2012

Kakak 29 tahun udah punya anak 3. Kamu? *NgomongSamaKaca

Setiawan Sabana · Jagat Kertas

http://www.setiawansabana.com/home/
Suatu saat profileku harus sekeren beliau ^^ #berdoa

Neraka dunia itu bernama hopeless. Robb, lindungi aku darinya. #pray

2 Apr 2012

InsyaAllah Ahad pekan ini ayah ke Bandung. Jadi, murajaahnya harus beres biar ayah seneeeng ^____^

InsyaAllah Ahad pekan ini ayah ke Bandung. Jadi, murajaahnya harus beres biar ayah seneeeng ^____^

Udah april aja. Makin dekat sama peringatan 100 tahun karamnya TITANIC huffh!